MENGENAL PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

17.26 priyoh 0 Comments

Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input (masukan), mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis. 1.1 Komponen-Komponen Komputer Sebenarnya, pengertian komputer lebih tepat jika disebut sebagai sistem komputer. Sistem komputer terdiri dari 3 perangkat (peranti) / komponen dasar, yaitu :
a. Perangkat Keras (Hardware)
b. Perangkat Lunak (Software)
c. Manusia (Brainware)
d.
1. Hardware (Perangkat Keras)
Merupakan komponen fisik dari sistem komputer yang terdiri dari 3 komponen : a. Peranti Masukan (Input Device) Adalah peralatan yang digunakan untuk memasukkan data ke komputer. Contoh : Keyboard, Mouse, dan Scanner. b. Peranti Pengolah (Processing Unit) Adalah peralatan yang melakukan pengolahan data menjadi informasi, atau sebagai otak dari sistem komputer. Peranti ini sering disebut dengan CPU (Central Processing Unit) atau Processor. CPU memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu :
- ALU (Arithmetical Logical Unit)  Sebagai pusat pengolah data
- CU (Control Unit)  Sebagai pengontrol kerja komputer
c. Peranti Keluaran (Output Device)
Adalah peralatan yang digunakan untuk menampilkan informasi hasil olahan komputer. Contoh : Monitor, Printer, dan Speaker. Selain 3 komponen utama diatas, sebenarnya ada 1 komponen lagi yang dapat dianggap sebagai komponen utama dari Hardware suatu komputer, yaitu : d. Penyimpan Cadangan / Backing Storage (Storage Device) Adalah peralatan yang berfungsi untuk menyimpan informasi non aktif di dalam komputer. Contoh : Harddisk, Floppy Disk, dan Optic Disk {CD-ROM, CD-R, CD-RW, DVD, dll} Input dan Output devices dapat dikelompokkan dalam satu bagian yang disebut Periferal yang terletak di sisi luar casing komputer. Sedangkan CPU dan Backing Storage dikelompokkan sebagai Komputer yang biasanya terletak di dalam casing utama komputer.
2. Software (Perangkat Lunak)
Suatu program yang berisi instruksi/perintah yang ditulis dalam bahasa komputer yang dimengerti oleh hardware komputer. Jenis software adalah sebagai berikut :
- Software Sistem Operasi (Contoh : DOS, Windows 9x, 2000, ME, XP, Linux, dll)
- Software Aplikasi (Contoh : Ms. Word, Ms. Excel, Winamp, Adobe, Corel Draw, dll)
3. Brainware (Manusia)
- User / Operator  Orang yang mengoperasikan komputer - Administrator  Orang yang mengatur/merancang sistem kerja komputer dari input data, pengolahan data, sampai output data.

Untuk lebih lengkapnya Lihat

0 komentar: