Contoh Refleksi diri sosiologi

07.55 priyoh 1 Comments



REFLEKSI DIRI

Nama              : Nurul Kholifah
NIM                : 3501408037
Prodi               : Pend. Sosiologi dan Antropologi

            Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan praktikan di SMA N 5 Magelang yang beralamat di jl. Barito II no. 3 Sidotopo Magelang. Pelaksanaan PPL dimulai pada tanggal 30 Juli sampai dengan 20 Oktober 2012. Beberapa kegiatan telah dilakukan praktikan dalam PPL, kegiatan tersebut antara lain observasi tentang keadaan sekolah sampai berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Praktikan melakukan kegiatan observasi dan orientasi sekolah yang berkaitan dengan keadaan fisik sekolah, keadaan lingkungan sekolah, fasilitas sekolah, penggunaan sekolah, keadaan guru dan siswa, bidang pengelolaan, administrasi, tata tertib siswa dan guru, organisasi kesiswaan dan kegiatan intra dan ekstrakurikuler. Dengan mengetahui hal-hal tersebut dapat memberi bekal dan semangat kepada praktikan untuk melaksanakan PPL II di SMA N 5 Magelang.
            Kegiatan PPL dilaksanakan sebagai upaya menerapkan teori yang selama ini telah diperoleh di kampus sehingga mahasiswa praktikan memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Kegiatan PPL I ini memberikan manfaat yang besar kepada praktikan sebagai bekal ketika terjun dalam masyarakat, terutama dalam berkomunikasi dengan orang lain.
            Hasil dari pelaksanaan PPL I yang telah dilakukan oleh praktikan adalah sebagai berikut :

v   Kekuatan dan Kelemahan Bidang Studi yang Ditekuni
a.       Kekuatan Mata Pelajaran Sosiologi
Sosiologi merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah yang mempunyai fungsi untuk memperkenalkan pembelajaran mengenai masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Sosiologi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari masyarakat tentang hubungan interaksi, nilai dan norma, konflik, dan masih banyak lagi fenomena di dalam masyarakat. Sehingga dalam pelajaran sosiologi ini siswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan. . Dalam hal ini penulis melihat mata pelajaran Sosiologi bagi kelas X masih terlihat baru di kalangan siswa, karena waktu di sekolah sebelumnya siswa hanya memperoleh mata pelajaran IPS Terpadu. Kelebihan Sosiologi adalah terletak pada materinya yang berkaitan dengan masyarakat. Hal ini sebenarnya menjadi mudah dipelajari karena materi sosiologi berupa realita yang ada di masyarakat.

b.      Kelemahan Mata Pelajaran Sosiologi
Adanya anggapan peserta didik pada mata pelajaran sosiologi sebagai mata pelajaran yang mudah untuk dihafal. Hal ini yang menyebabkan penyerapan ilmu kurang bagi peserta didik. Disamping itu mata pelajaran sosiologi yang masih tergolong mata pelajaran baru, serta jam pelajaran untuk kelas X masih sangat sedikit menjadikan kurangnya pemahaman siswa. Pelajaran sosiologi sama halnya dengan pelajaran sosial lain, pelajaran ini menuntut banyak hafalan sehingga membuat siswa malas dan bosan mengikutinya .
v   Ketersediaan Sarana dan Prasarana KBM di Sekolah
Secara umum SMA N 5 Magelang sudah sangat memperhatikan sarana dan prasarana dalam proses belajar mengajar. Hal ini dapat dilihat dari ruangan-ruangan yang disediakan untuk menunjang KBM seperti fasilitas LCD di setiap ruang kelas untuk membantu guru dalam menerangkan materi, maupun fasilitas free hot spot yang dapat diakses setiap siswa di lingkungan sekolah untuk menambah referensi.
v   Kualitas Guru Pamong
Guru pamong mata plajaran sosiologi adalah ibu Suryantini S.sos, dalam pembelajaran sosiologi di SMA N 5 Magelang, guru sudah menggunakan media berupa pembelajaran dengan menggunakan program M. Powerpoint. Dalam proses pembelajaran seluruhnya sudah cukup baik karena pada saat guru menjelaskan kepada siswa tentang suatu materi selalu dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga mudah dipahami siswa. Selain itu guru juga memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.  Guru selalu bersikap ramah sehingga siswa merasa segan dan tidak takut dalam mengikuti pelajaran sosiologi dan antropologi.
v   Kualitas Pembelajaran
Kualitas pembelajaran di SMA N 5 Magelang sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat terlihat dari proses pembelajaran yang berlangsung kondusif dan berjalan lancar walaupun kadang masih ada siswa yang kurang memperhatikan pelajaran . Keterampilan guru dalam pengelolaan kelas juga cukup baik. Interaksi yang positif antara guru dan siswa sudah terjalin dengan baik.
v   Kemampuan Diri Praktikan
Praktikan telah mengikuti mata kuliah strategi belajar 1 dan 2, Selain itu praktikan juga telah melaksanakan microteaching dan pembekalan PPL. Meskipun telah mendapat bekal yang cukup, praktikan merasa masih harus banyak belajar dan yang lebih penting adalah bagaimana menerapkan apa yang telah dipelajari dan didapatkan dari bekal tersebut. Praktikan membutuhkan banyak pengalaman di lingkungan sekolah karena bagaimanapun juga pengalaman adalah guru yang terbaik.
v   Nilai Tambah yang Diperoleh Praktikan setelah Melaksanakan PPL I
Setelah melaksanakan PPL I, praktikan merasakan besarnya manfaat yang didapatkan. Praktikan dapat mengetahui cara-cara mengajar dan mengenal perangkat pembelajaran. Selain itu praktikan juga mengetahui karakter siswa-siswa dikelas tempat praktikan melakukan observasi. Dari kegiatan PPL I ini memacu praktikan untuk mempersiapkan diri lebih baik untuk melaksanakan kegiatan PPL II.
v   Saran Pengembangan bagi Sekolah
Saran praktikan untuk SMA N 5 Magelang adalah selalu mengadakan kegiatan yang bermanfaat bagi siswa dan melibatkan siswa dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk proses pembelajaran. Kemudian, pihak Unnes dan SMA N 5 Magelang diharapkan selalu bekerjasama dengan baik agar terjalin hubungan simbiosis mutualisme dalam berbagai hal diantara kedua belah pihak.
Demikian uraian refleksi diri dari praktikan setelah melakukan observasi dan berbagai kegiatan selama PPL di SMA N 5 Magelang.


                                                                        Magelang, 08 Agustus 2012
Guru Pamong,                                                 Praktikan,




Suryantini, S.Sos                                            Nurul Kholifah

NIP. 19681224 200801 2 006                                    NIM. 3501408037

1 komentar:

  1. Contoh Refleksi Diri Sosiologi >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Contoh Refleksi Diri Sosiologi >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Contoh Refleksi Diri Sosiologi >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus