kalkulator menggunakan tombol di java
1.
Desain jFrame from awal sebelum memberi script
program,
Setelah selesai mendesain jframe from“change variable name”
diganti terserah anda asal mudah di ingat.
Selesain menganti “change variable name”
tingal member script di tiap “button”
Nih scrip yang di pakai……
à Button
sama dengan.
private void
buttonSamadenganActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
switch(pilihan){
case 1:
bilanganDua =
Double.parseDouble(angka);
total = bilanganSatu /
bilanganDua;
angka =
Double.toString(total);
jTextField1.setText(angka);
break;
case 2:
bilanganDua =
Double.parseDouble(angka);
total = bilanganSatu +
bilanganDua;
angka =
Double.toString(total);
jTextField1.setText(angka);
break;
case 3:
bilanganDua =
Double.parseDouble(angka);
total = bilanganSatu -
bilanganDua;
angka =
Double.toString(total);
jTextField1.setText(angka);
break;
case 4:
bilanganDua = Double.parseDouble(angka);
total = bilanganSatu * bilanganDua;
angka =
Double.toString(total);
jTextField1.setText(angka);
break;
default:
break;
}
}
à Button Kali. Bagi. Kurang. Tambah
private void buttonBagiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent
evt) {
bilanganSatu = Double.parseDouble(angka);
jTextField1.setText("/");
angka ="";
pilihan =1;
}
private void
buttonTambahActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
bilanganSatu = Double.parseDouble(angka);
jTextField1.setText("+");
angka ="";
pilihan =2;
}
private void
buttonKurangActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
bilanganSatu = Double.parseDouble(angka);
jTextField1.setText("-");
angka ="";
pilihan =3;
}
private void
buttonKaliActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
bilanganSatu = Double.parseDouble(angka);
jTextField1.setText("*");
angka ="";
pilihan =4;
}
è Button masing-masing angka
private
void buttonNolActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka+="0";
jTextField1.setText(angka);
}
private
void buttonSatuActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka+="1";
jTextField1.setText(angka);
}
private
void buttonDuaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka+="2";
jTextField1.setText(angka);
}
private
void buttonTigaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka+="3";
jTextField1.setText(angka);
}
private
void buttonEmpatActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka+="4";
jTextField1.setText(angka);
}
private
void buttonLimaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka+="5";
jTextField1.setText(angka);
}
private
void buttonEnamActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka+="6";
jTextField1.setText(angka);
}
private
void buttonTujuhActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka+="7";
jTextField1.setText(angka);
}
private
void buttonDelapanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka+="8";
jTextField1.setText(angka);
}
private
void buttonSembilanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka+="9";
jTextField1.setText(angka);
}
è Button clear
private
void buttonClearActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
jTextField1.setText("");
bilanganSatu = 0;
bilanganDua = 0;
total = 0;
angka ="";
}
2. Hasil Run.
!!!!!!! Langsung aja ni yg kepengin Project nyeeeee ni donload aj http://www.4shared.com/rar/smGnsaNx/kalkulator_dengan_tombol.html
0 komentar: