kalkulator menggunakan tombol di java

18.41 priyoh 0 Comments


1.       Desain jFrame from awal sebelum memberi script program,

Setelah selesai  mendesain jframe from“change variable name” diganti terserah anda asal mudah di ingat.



Selesain menganti “change variable name” tingal member script di tiap “button”
Nih scrip yang di pakai……
àButton sama dengan.
private void buttonSamadenganActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
       switch(pilihan){
           case 1:
                  bilanganDua = Double.parseDouble(angka);
                  total = bilanganSatu / bilanganDua;
                  angka = Double.toString(total);
                  jTextField1.setText(angka);
                  break;
           case 2:
                  bilanganDua = Double.parseDouble(angka);
                  total = bilanganSatu + bilanganDua;
                  angka = Double.toString(total);
                  jTextField1.setText(angka);
                  break;
           case 3:
                  bilanganDua = Double.parseDouble(angka);
                  total = bilanganSatu - bilanganDua;
                  angka = Double.toString(total);
                  jTextField1.setText(angka);
                  break;
           case 4:
                 bilanganDua = Double.parseDouble(angka);
                  total = bilanganSatu * bilanganDua;
                  angka = Double.toString(total);
                  jTextField1.setText(angka);
                  break;
           default:
                  break;
        }
}

àButton Kali. Bagi. Kurang. Tambah

private void buttonBagiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
        bilanganSatu = Double.parseDouble(angka);
        jTextField1.setText("/");
        angka ="";
        pilihan =1;
}

private void buttonTambahActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
      bilanganSatu = Double.parseDouble(angka);
        jTextField1.setText("+");
        angka ="";
        pilihan =2;
}

private void buttonKurangActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
      bilanganSatu = Double.parseDouble(angka);
        jTextField1.setText("-");
        angka ="";
        pilihan =3;
}

private void buttonKaliActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
       bilanganSatu = Double.parseDouble(angka);
        jTextField1.setText("*");
        angka ="";
        pilihan =4;
}

è  Button masing-masing angka

private void buttonNolActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
        angka+="0";
        jTextField1.setText(angka);
}

private void buttonSatuActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
       angka+="1";
        jTextField1.setText(angka);
}

private void buttonDuaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
       angka+="2";
        jTextField1.setText(angka);
}

private void buttonTigaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
        angka+="3";
        jTextField1.setText(angka);
}
private void buttonEmpatActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
       angka+="4";
        jTextField1.setText(angka);
}
private void buttonLimaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
       angka+="5";
        jTextField1.setText(angka);
}
private void buttonEnamActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
       angka+="6";
        jTextField1.setText(angka);
}
private void buttonTujuhActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
       angka+="7";
        jTextField1.setText(angka);
}
private void buttonDelapanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
        angka+="8";
        jTextField1.setText(angka);
}
private void buttonSembilanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
       angka+="9";
        jTextField1.setText(angka);
}
è  Button clear
private void buttonClearActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
        jTextField1.setText("");
        bilanganSatu = 0;
        bilanganDua  = 0;
        total = 0;
        angka ="";
}

2.       Hasil Run.

 !!!!!!! Langsung aja ni yg kepengin Project nyeeeee ni donload aj  http://www.4shared.com/rar/smGnsaNx/kalkulator_dengan_tombol.html


0 komentar: