13 Pesona Wisata Kabupaten Batang yang wajib di kunjungi

19.20 priyoh 1 Comments

Sebagian besar wilayah Kabupaten Batang merupakan perbukitan dan pegunungan. Dataran rendah di sepanjang pantai utara tidak begitu lebar. Di bagian selatan adalah terdapat Dataran Tinggi Dieng, dengan puncaknya Gunung Prau (2.565 meter).
Ibukota Kabupaten Batang terletak di ujung barat laut wilayah kabupaten, yakni tepat di sebelah timur Kota Pekalongan, sehingga kedua kota ini seolah-olah menyatu. Kabupaten Batang terletak pada 6° 51' 46" sampai 7° 11' 47" Lintang Selatan dan antara 109° 40' 19" sampai 110° 03' 06" Bujur Timur di pantai utara Jawa Tengah . Luas daerah 78.864,16 Ha. Batas-batas wilayahnya sebelah utara Laut Jawa, sebelah timur Kabupaten Kendal, sebelah selatan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, sebelah barat Kota dan Kabupaten Pekalongan.

1. Kebun Teh Pagilaran.
Gak usah Jauh2 jauh ke bandung. Batang pun ada kebun teh kok.

Masih di kecamatan Blado, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke desa tetangga yaitu Desa Keteleng. Di desa ini ada perkebunan teh seluas 1.100 hektar dan terletak di ketinggian 1.000-1.700 mdpl. Inilah Kebun Teh Pagilaran yang jaraknya hanya 36 kilometer dari pusat kota.
Kebun Teh Pagilaran menyajikan pemandangan hijau hamparan kebun teh serta udara yang sejuk dan segar. Tempat ini sangat cocok untuk kamu jadikan tempat rekreasi bersama teman maupun keluarga. Di kawasan ini juga tersedia beberapa wahana permainan seperti flying fox, kolam renang dan juga kebun binatang mini.

2. Curug Genting Blado

Di desa Bawang, kecamatan Blado ada satu tempat yang harus kamu datangi. Ialah Curug Genting, air terjun yang terasing. Dikatakan demikian karena dulu sebelum tahun 2009 air terjun ini cukup populer dan dikelola pemerintah sebagai salah satu destinasi wisata di Batang.
 
Kini air terjun ini terlihat terbengkalai karena pengelolaannya berhenti. Kabar yang beredar keputusan pemberhentian itu disebabkan karena kontur tanah yang tidak stabil dan rawan longsor. Kamu yang penasaran dengan air terjun yang sempat menjadi primadona di Batang bisa datang ke Curug Genting. Sisa-sisa fasilitas seperti tangga beton masih nampak meski sebagian telah rusak.

3. Curug Lojahan Tempat yang indah

Yang mau menjelajahi keindahan kabupaten Batang harus punya fisik yang prima, karena mayoritas pesona alam kabupaten ini berada tersembunyi di lokasi yang sulit dijangkau. Curug Lojahan misalnya, air terjun keren dalam foto ini berada di dalam belantara alas Kluwung di desa Kali Tengah, kecamatan Blado. Air terjunnya cukup tinggi sekitar lebih dari 40 meter. 

Nama Lojahan sendiri diambil dari nama sungai yang menjadi pemasok air di curug ini. Di antara terjunan air terdapat dinding batu yang berbentuk cekung seperti gua yang menjadi rumah dari codot dan kelelawar. Lokasinya yang tersembunyi mengharuskan setiap traveler harus trekking selama satu setengah jam dari perkampungan warga sebelum akhirnya menemukan air terjun dengan pemandangan sekeren ini. Keuntungan yang kamu dapatkan tentu saja suasana tenang nan alami sebab tak banyak traveler yang datang ke sana. 

4. Curug Sijeglong - Air terjun dengan 4 tingkatan

Destinasi berikut ini berada di perbatasan antara kabupaten Kendal dengan Batang. Melalui desa Margosono, kecamatan Tersono kamu akan berjumpa dengan air terjun yang unik bernama Curug Sijeglong. Jeglong dalam bahasa setempat artinya cerukan, lubang atau kedung yang berisi air.
Kamu bisa melihatnya dari bentuk air terjun ini. Curug Sijeglong berbeda dari air terjun kebanyakan, airnya seperti mengalir dari atas bukit yang miring. Kemiringan bukit ini terbagi menjadi empat tingkat dimana masing-masing tingkat memiliki kedung. Di kedung inilah traveler bisa berenang atau sekedar bermain air. 


5.Curug Agung Dengan Dinding Tebing 

Pesona air terjun ini bukan hanya berada pada terjunan air atau kolam alami di bawahnya saja namun juga terletak pada dinding tebing yang berstruktur unik seperti di planet Kripton, planet fiksi yang menjadi rumah dari Superman. Biar percaya kamu perlu membuktikannya sendiri dengan datang ke dukuh Pagedigan, desa Pasusukan, kecamatan Bawang, kabupaten Bawang.
Terjunan airnya tidak terlalu tinggi hanya sekitar 20 meter tapi kolam dan tekstur batuan tebing di sekitar air terjun ini menjadi daya tarik sendiri bagi traveler yang datang ke lokasi. Kono siapa saja yang mandi dengan air dari Curug Agung maka derajat dan kewibawaannya akan terangkat.

6. Arum Jeram di Kali Lampir, Aktivitas Pemacu Adrenalin di Batang

Bagi kamu yang ingin melakukan aksi yang lebih menantang kamu bisa ikutan river tubing atau body rafting di Kali Lampir. Kali lampir ini adalah pemasok air di Curug Sijeglong, jadi kalau kamu datang ke sana kamu akan dihadapkan pada dua pilihan berenang di Curug Sijeglong atau body rafting di sungainya.
Warga setempat telah menyediakan perlengkapan keamanan untuk melakukan body rafting mulai safety jacket hingga helm pengaman. Kamu akan ditantang untuk menakhlukkan aliran air sungai selama 2 jam yang berakhir di desa Pujut, kecamatan Tersono. Setiap traveler akan memiliki pemandu untuk memastikan mereka tidak kesasar.

7. Pantai Jodo, Pantai yang Masih Sepi Layak Kamu Kunjungi


Bagian utara Kabupaten Batang adalah Laut Jawa, artinya kamu bisa menemukan pantai di kota ini. Salah satu pantai yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Jodo atau sering pula disebut dengan Pantai Buntu. Sebelumnya jangan berekspektasi terlalu tinggi dengan pantai ini, sebab layaknya pantai di Utara Jawa, Pantai Jodo punya pasir berwarna cokelat.
Namun tak mengapa, sebab pantai ini jarang dikunjungi wisatawan pun juga belum dikembangkan sebagai destinasi wisata komersil, hasilnya kamu bisa melihat pantai yang bersih. Pantai Jodo hanya bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi utamanya motor sebab belum ada trayek angkutan umum ke pantai yang berada di desa Sidorejo, kecamatan Gringsing ini. 

8. Telaga Sidringo, Ranu Kumbolonya batang Jawa Tengah

Di desa Mojotengah, kecamatan Reban, kabupaten Batang ada telaga yang digadang-gadang keindahannya menyamai Ranu Kumbolo di Jawa Timur. Adalah Telaga Sidringo, telaga nan cantik yang juga berbatasan dengan Banjarnegara. Menilik kecantikan yang dimilikinya, telaga ini memang menyimpan potensi wisata yang besar.
Saat ini Telaga Sidringo dikembangkan sebagai area outbond dan juga kemah. Jika kamu mau kemping di telaga ini jangan lupa untuk minta izin dulu pada kepala desa setempat. Selain asyik untuk tempat kemping telaga Sidringo ini juga memiliki pemandangan matahari terbit yang indah. Tak heran jika banyak yang bilang telaga ini mirip dengan Ranu Kumbolo. 



 9. Melihat matahri terbit di Pantai Sicepit

Mau lihat matahari terbit gak usah jauh-jauh ke Sikunir Dieng. batang ada kok.
Satu lagi pantai yang bisa kamu kunjungi di kabupaten Batang yaitu pantai Sicepit atau Segolok. Pantai yang dikenal karena pernah ditemukan ranjau peninggalan Belanda yang masih aktif ini terletak di kelurahan Kasepuhan. Pantai Sicepit memiliki garis pantai yang panjang dan luas sehingga sangat cocok buat aktivitas seperti sepakbola atau bermain voli. 
 
Pantai Sicepit memiliki pemandangan sunrise dan sunset yang sama-sama indahnya. Sehingga waktu terbaik untuk berkunjug ke sana adalah pada pagi dan sore hari. Di pesisir pantai ini ditumbuhi oleh pohon cemara yang rindang bisa dijadikan traveler sebagai tempat berteduh.

10 .Curug Bidadari yang Konon Jadi Tempat Mandi Bidadari

Mendengar nama Curug Bidadari yang pertama kali tersirat di benakmu pasti tempat wisata di Bogor. Tapi curug yang satu ini berada di Batang lho. Tepatnya berada di desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal terdapat tempat wisata keren bernama lengkap Curug Batu Dinding Kolam 5 Bidadari.
Air terjun dengan kolam yang jernih ini menjadi salah satu tujuan wisata yang disukai anak muda. Kolam ini dikepung oleh dinding batu besar yang seperti tirai makin mempercantik alam sekitar. Konon, menurut warga setempat kolam ini dulunya sering digunakan mandi para puteri dari kahyangan. Pada zaman kerajaan sekalipun kolam ini juga digunakan sebagai tempat mandi puteri raja.

11.Curug Si Pitung, Air Terjun di Kaki Gunung Prau yang Bikin Awet Muda

Mau awet muda? Ada satu air terjun di kabupaten Batang yang memiliki mitos dapat membuat orang awet muda. Untuk menemukan air terjun ini kamu harus menjelajahi Dukuh Mulyodadi, Desa Jambangan, Kecamatan Bawang. Di sanalah kamu akan menemukan yang namanya Curug Si Pitung.
Curug Si Pitung terletak di kaki Gunung Prau dan keberadaannya belum banyak diketahui oleh traveler sehingga suasana alami masih sangat kental terasa. Trek menuju ke curug ini cukup menantang dengan melewati jalan setapak membelah hutan dan perkebunan warga sebelum akhirnya tiba di curug yang dimaksud. Konon kata warga air dari curug Si Pitung bisa bikin orang awet muda lho.

12. Kunjungi Desa Sudong, Selain Berkunjung ke Agrowisata Salak Kamu Juga Akan Menemukan Curug Sodong

Desa Sudong di kecamatan Wonotunggal, Batang memang cukup terkenal sebagai destinasi wisata. Desa ini menawarkan jenis Agrowisata Salak Sodong disamping terkenal juga sebagai penghasil panili dan cengkeh. Tapi jauh di dalam wilayahnya tersembunyi sebuah air terjun cantik bernama Curug Sudong.
Air terjun di ketinggian 800 mdpl ini memiliki debit air yang cukup deras. Suasana di sekitar air terjun masih sangat alami dan asri. Wajar mengingat keberadaan air terjun ini masih jarang diketahui traveler dan juga belum dikembangkan sebagai destinasi wisata komersil. 

13. Pantai Ujung Negoro, Pantai Indah di Tepi Pantura

Destinasi terakhir yang tidak boleh kamu lewatkan saat menjelajahi kabupaten Batang adalah Pantai Ujung Negoro. Pantai ini punya akses yang paling mudah mengingat lokasinya yang berada tidak jauh dari jalan raya utama Pantura.
Pantai ini punya karakteristik unik berupa pantai yang landai dan bertebing serta memiliki dasar laut yang keras. Pantai Ujung Negoro adalah salah satu kawasan wisata pantai yang mendapat perhatian dari pemerintah dengan dibangunnya berbagai fasilitas serta tengara berupa tulisan besar berbunyi Batang Kawasan Konservasi Taman pesisir Ujungnegoro-Roban.

Sumber :http://goo.gl/YTa72


Itulah 13 wisata di Kab Batang yang wajib anda kunjungi. Yang belum kamu kunjungi kira2 mana aja...

Monggo Komen neng ngisor iki.....



Cari Cincin Nikah Bahan perak,emas,titanium dengan hargamurah Silahkan kunjungi web resmi penjualnya di.
 





 

1 komentar:

  1. 13 Pesona Wisata Kabupaten Batang Yang Wajib Di Kunjungi >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    13 Pesona Wisata Kabupaten Batang Yang Wajib Di Kunjungi >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    13 Pesona Wisata Kabupaten Batang Yang Wajib Di Kunjungi >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus